Minggu, November 29, 2009

Idul Adha


Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 27 November 2009 atau 10 Dzulhijjah 1430 H. Pada hari tersebut diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah. Umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan sholat Ied bersama-sama di tanah lapang. Setelah sholat, dilakukan penyembelihan hewan qurban. Berikut adalah sedikit ilmu tentang qurban untuk para pembaca.

Hukum qurban adalah sunnah muakkad (utama). Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan fuqaha, tidak ada seorangpun yang menyatakan wajib. Adapun syarat dan ketentuan pembagian daging qurban adalah sebagai berikut :


- Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.

- Kurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.

- Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.

- Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.

- Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.

- Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Waktu penyembelihan hewan qurban adalah 4 hari, hari Idul Adha dan 3 hari sesudahnya. Waktu penyembelihannya berakhir dengan tenggelamnya matahari di hari keempat yaitu tanggal 13 Dzulhijjah.

Akhir kata, keluarga besar satu tali fatah mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 H. semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amin. Dan insyaAllah Pramuka SMPN 16 Bekasi akan mengadakan Bakti Sosial yang mudah-mudahan sukses dan berjalan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Perjalanan Barisan Cokelat Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet
Distributed by Deluxe Templates © 2008